4 Agu 2012

Menghormati orang yang lebih tua dari kita

Menghormati orang yang lebih tua merupakan salah satu pandangan hidup manusia, terutama untuk masyarakat Indonesia. Di Indonesia, menghormati orang yang lebih tua menjadi suatu kebiasaan (tata krama) dalam kehidupan sehari- hari yang dilakukan oleh semua masyarakat, baik laki- laki maupun perempuan. Kebiasaan ini merupakan suatu kebiasaan yang baik, karena memang seharusnya orang yang lebih muda menghormati dan menghargai orang yang lebih tua. Dan kebiasaan ini, seharusnya tetap dijaga oleh seluruh masyarakat.  Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menghormati orang yang lebih tua. Misalnya, yaitu dengan cara mencium tang orang yang lebih tua saat bertemu (terutama kepada kedua orang tua/ untuk orang yang sudah dikenal), apabila belum saling mengenal, dapat dilakukan dengan cara tersenyum dengan ramah pada orang yang lebih tua tersebut, sehingga dapat merasa bahwa dia dihormati dan dihargai.

Kemudian, memberikan perhatian yang tulus, seperti memberikan tempat duduk saat ia ingin duduk, memberi makanan saat lapar, memberi minum saat haus, dan lain sebagainya, menghormati orang yang lebih tua bisa dengan cra mendengarkan dengan baik segala nasihat yang diberikan, mendengarkan dengan cermat semua pendapat yang diberikan, dan lain sebagainya.
Dengan menghormati orang yang lebih tua, akan memberikan kesan yang baik untuk orang yang lebih tua maupun orang yang lebih muda. Dan, akan terjalin suatu hubungan yang harmonis diantara kedua belah pihak tersebut, sehingga keduanya dapat merasa nyaman dan bahagia. Untuk menghormati orang yang lebih tua dapat dilakukan dengan berbagai cara, yang penting dengan adanya pemikiran orang yang lebih tua dapat membuat diri manusia untuk menghargai setiap manusia, terutama menghormati dan menghargai orang tua. Menghormati orang tua merupakan suatu hal yang paling kecil dibandingkan, segala hal yang telah dilakukan orang tua didalam hidup ini. Jadi, hormatilah orang yang lebih tua yang ada disekitar kalian. Terutama hormatilah kedua orang tua kalian dengan tulus dan ikhlas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar